Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Seputar Kota Kendari

Kategori Kota & Daerah
kota kendari

Geografis

Kota Kendari adalah sebuah kota yang terletak di Sulawesi Tenggara, yang wilayah daratannya berbukit-bukit sampai ke pesisir pantai. Sebagai ibukota dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari terletak di 3º54’30” – 4º3’11” LS dan 122º23’ – 122º39’ BT dengan luas sekitar 295,89 km². Wilayah Kota Kendari berbatasan dengan:

  • Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe di sebelah Utara.
  • Laut Kendari di sebelah Timur.
  • Kecamatan Moramo, dan Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan di sebelah Selatan.
  • Kecamatan Ranomeeto (Kabupaten Konawe Selatan) dan Kecamatan Sampara (Kabupaten Konawe).

Dengan ketingian rata-rata 30 mdpl, Kota Kendari merupakan wilayah beriklim tropis. Suhu udara di Kota Kendari berkisar antara 19,58°-32,83°C dengan suhu rata-rata sekitar 26,20°C. Kota Kendari mengalami musim hujan sekitar bulan November hingga Maret dan musim kemarau sekitar bulan Mei hingga September. Sedangkan di bulan April dan Oktober, Kota Kendari mengalami musim peralihan atau disebut juga musim pancaroba. Pada musim ini, arus angin tidak menentu dan hujan yang turun tidak merata.

Secara administratif, Kota Kendari memiliki 64 Kelurahan dari 10 Kecamatan, antara lain:

  1. Kecamatan Abeli dengan ibukota Abeli.
  2. Kecamatan Baruga dengan ibukota Baruga.
  3. Kecamatan Kendari dengan ibukota Kendai.
  4. Kecamatan Kendari Barat dengan ibukota Benu-benua.
  5. Kecamatan Mandonga dengan ibukota Mandonga.
  6. Kecamatan Poasia dengan ibukota Andounohu.
  7. Kecamatan Kadia dengan ibukota Kadia.
  8. Kecamatan Wua-wua dengan ibukota Wua-wua.
  9. Kecamatan Kambu dengan ibukota Kambu.
  10. Kecamatan Puwatu dengan ibukota Puwatu.

ikon kota kendariMenurut sejarah, Kota Kendari sudah ada sejak abad ke-19 sebagai ibukota Kerajaan Laiwoi. Kota Kendari menjadi sebuah kota perdagangan dengan dibukanya pelabuhan perdagangan di Teluk Kendari oleh pemerintah Belanda. Bidang perdagangan kemudian berkembang karena keahlian berdagang Suku Bugis dan Suku Bajo yang bermukim di sekitar Teluk Kendari.

Kota Kendari kemudian berkembang menjadi Kota Perdagangan dan kota Pelabuhan. Pelabuhan Kendari merupakan pelabuhan transit dari jalur perdagangan antar pulau di bumu Utara Nusantara. Pada masa pemerintahan Belanda Kota Kendari menjadi ibukota Kawedanan dan ibukota Onder Afdeling Laiwoi. Dan seiring dengan perkembangan di Nusantara, Kota Kendari terus berkembang dan menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Budaya

Dengan jumlah penduduk sekitar 289.468 jiwa(sensus penduduk tahun 2010), mayoritas penduduk Kota Kendari memeluk agama Islam. Kota Kendari dihuni oleh masyarakat dari Suku Tolaki, Suku Muna, Suku Buton, dan Suku Bugis. Sedangkan penduduk asli Kendari berasal dari Suku Tolaki.

Kebudayaan yang dimiliki Kota Kendari mayoritas bersumber dari kebudayaan Suku Tolaki. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Kendari memakai konsep ‘Kalo Sara’ yang berasal dari kebudayaan Tolaki. ‘Kalo Sara’ adalah nilai-nilai luhur kebudayaan Tolaki yang dilaksanakan pada setiap unsur kehidupan. Misalnya, dalam interaksi sosial, hukum adat, ekonomi, agama, budi pekerti, dan kesenian. Bagi masyarakat Kendari ‘Kalo Sara’ merupakan penyelaras dalam kehidupan, baik dalam berinteraksi dengan sesama, maupun dalam berinteraksi dengan alam dan Tuhan.

Selain dalam berinteraksi dengan masyarakat, kebudayaan Kota Kendari bisa dijumpai pada produk-produk kebudayaannya. Seperti contoh pada Upacara Perkawinan, Pakaian Adat, Kesenian Tari, dan Kesenian Musik. Kendari memiliki beberapa tarian tradisional, misalnya Tari Lulo, Tari Mondotambe, Tari Mekindohosi, dan Tari Moana. Biasanya pada tarian tradisional diiringi oleh Kesenian Musik dan Alat Musik Tradisional. Kesenian Musik tersebut biasanya memakai alat dari bambu dan gong. Namun dewasa ini, keberadaan alat tersebut tergantikan oleh alat musik keyboard.

kerajinan perak, kota kendari

Masyarakat Kendari juga terkenal sebagai pengerajin perak yang handal. Mereka memiliki teknik tersendiri dalam membuat kerajinan dari perak. Selain itu, masyarakat Kendari juga membuat kerajinan dari kayu, yang dikenal dengan nama Kerajinan Gembol. Kerajinan ini menggunakan bahan dasar dari berbagai jenis kayu, seperti kayu jati dan kayu cendana.

Tempat Wisata

Taman Hutan Murhum, Sulawesi TenggaraWilayah Kota Kendari merupakan wilayah yang berbukit-bukit dan berpesisir pantai. Iklimnya yang tropis membuat Kota Kendari memiliki alam yang asri dan lebat. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara, sempatkan diri Anda untuk menengok beberapa tempat wisata yang ada di Kota Kendari.

Berikut daftar beberapa tempat wisata yang ada di Kota Kendari:

Indeks istilah umum: ibu kota dari kendari, Photo kota kendari.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...
  1. anakia mengatakan:

    Pemkot harus lebih meningkatkan n memasyarakatkan budaya suku tolaki dikota kendari krn budaya tolaki sistem kalosara mampu menyatukan segala perbedaan yg ada.

  2. ishalk mengatakan:

    klw berkunjung ke sultra jgn lupa mampir pula d’baubau..
    Daftar tempat wisata d’baubau: benteng keraton Buton,Pantai kamali,pantai nirwana,pantai lakeba,goa lakasa,bukit wantiro,,air terjun tirtarimba,air terjun samparona dll..

  3. hendrik palimbo mengatakan:

    Sebagai anak kelahiran kendari.. ingin juga bangga sama kota Kendari. Namun kenyataannya kadang malu juga ketika membawa tamu dari luar kota dan menyaksikan kondisi toilet bandara yang sangat kotor dan washtafel yang tidak berfungsi. padahal wajah kota kendari sudah dapat dilihat dengan kondisi bandaranya.. semoga pihak yang bersangkutan memperhatikan ini.. Terima kasih!

    • rosleni mengatakan:

      Aku sm suami rencana mau berwisata ke kendari, mau tanya kalo wisata pas diwaktu idul fitri kira2 bagaimana y

  4. imam supriyadi mengatakan:

    hai selamat pagi, seksi pendidikan masyarakat

  5. imam supriyadi mengatakan:

    selamat sore, dari kelompok republik maluku selatan, seram buru tidore,..ah halim perdan kusuma, tentang kegiatan kita di pilauy madura menyesuiakan penerbangan asing yang ada di pulau madura di bandara trunojoyo,…jawa darurat katang merupakan kebebasan kita dalam penerbangan ini, dari imam supriyadi nipL:132002990 laksamana muda tidore di kapal laut jokotole,….universitas islam indonesia yogyakarta, th.1988 ex children of god,.

  6. imam supriyadi mengatakan:

    selamat siang republik maluku seltan, seram-buru-tidore, bagaimana na yah sejarah halim perdan kusuma ta’ iyah, katanya jawa darurat dengan kepiawaian bp. syafruddin perawiranegra yang konon pangkat laksaman muda harus berangkat dari palabuhan ujung anyar tanjung perak surabaya,.nanti kita bisa naik pangkat laksamana madya tentunya nyaman seperti di kapal selam comodore yos sudarso, ternyatan pang saya ini di kompas lagi di kapal laut jokotole menjadi laksamana tinggi toton husendipuro, serti kakeknya albert imam hal ini kompas yang mana yang bisa sudah mandi lumpur di bumimoro tidak bisa ikut kapal selam eh sangang di seram,……dari imam supriyadi nip:132002990 sumenep madura tanjung perak sanitasi dharma lautan,..perairan asia pasific,…lamabaian tangan sng kekasih menunggu kebalinya dari tanjung katung ke tanjung perak surabaya,….bing ram bingan,…ihai bab buru.

  7. imam supriyadi mengatakan:

    hallo selamat pagi pulau madura di asia tenggara, republik maluku selatan dan jawa darurat dengan pembangunan sutuhnya tentang gugusan pulau pulau- gugus 1, gugus 2, gugus 3 oleh karebna itu pangkat kita bisa laksaman tinggi di kaal laut jokotole, dan klasi 1 di ujung anyar kamal,.oleh karena itu bagai man wisata laut di sana di perbaiki kapal lautnya,.. imam supriyadi nip:132002990.

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››