Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Si Cantik Nan Tangguh, Perahu Sandeq

Perahu Sandeq dari Suku Mandar

Di permukaan perairan Selat Makassar, terlihat sebuah perahu kecil berwarna putih yang melaju kencang. Perahu ini memang kecil, dengan layar segitiga yang membentang lebar. Tapi perahu ini ternyata mampu melompat-lompat diatas gelombang yang cukup besar.

Menuju ke pesisir pantai Sulawesi Barat, ternyata tidak sedikit perahu seperti tadi sedang bersandar. Sebagian besar perahu tadi adalah milik masyarakat Suku Mandar, salah satu suku pelaut yang ada di Pulau Sulawesi.

Perahu SandeqNamanya Sandeq. Dari dekat Perahu Sandeq terlihat ramping dan panjang, dengan warna dominan warna putih. Berbeda dengan Kapal Pinisi, perahu ini memang terbilang cukup kecil. Sekitar 9 sampai 11 meter panjangnya, dan lebarnya hanya sekitar 60 sampai 80 Cm. Cukup kecil, bukan? Dengan cadik pada tiap-tiap sisinya sebagai penyeimbang, perahu khas Sulawesi ini terlihat cantik dan anggun. Namun Anda jangan tertipu dengan penampilannya. Perahu Sandeq ini menyimpan cerita dan ketangguhan yang melebihi penampilannya.

Lomba Pasar

Dahulu kala, Perahu Sandeq adalah sebuah perahu yang dipakai sebagai mata pencaharian masyarakat Suku Mandar. Biasanya dipakai untuk mencari ikan dan berdagang. Jalur laut pada saat itu merupakan jalur atau akses yang vital bagi perekonomian. Sehingga Sandeq juga memegang peranan yang cukup penting.

Perahu Khas SulawesiDi bidang perdagangan, perahu khas Mandar ini berperan untuk mengantar barang-barang dagangan. Perahu Sandeq disewa para pedagang untuk mengantarkan barang dagangannya ke pasar-pasar. Biasanya, pasar-pasar ini berada di tepi laut. para pedagang tersebut sangat bergantung pada ketangkasan Pesandeq. Karena Pesandeq(nahkoda perahu) yang tangkas akan sampai lebih awal di pasar, sehingga dagangan akan laku banyak. Sedangkan Pesandeq yang kurang tangkas, akan dimarahi oleh penyewa karena datang terlambat sehingga barang dagangan juga tidak laku banyak.

Perahu Sandeq yang berukuran ramping sangat tepat untuk kepentingan tersebut. Selain untuk memburu waktu, ternyata juga agar bisa langsung parkir ketika tiba di pasar. Dari sinilah cikal bakal Lomba Sandeq yang saat itu oleh para Pesandeq dan pedagang dinamai “Lomba Perahu Pasar”.

Tercepat Dan Tangguh

Walaupun hanya berbekal sebuah layar setinggi sekitar 15 meter, namun laju perahu khas Sulawesi ini tak kalah dari perahu-perahu lainnya. Bentuk body-nya yang ramping nan anggun membuatnya mampu meluncur dengan kecepatan maksimal sekitar 20 knot. Selain berperan menyokong perdagangan laut, Perahu Sandeq juga biasa dipakai untuk menangkap ikan. Sebagai perahu penangkap ikan, perahu cantik ini mampu mengejar laju kawanan ikan Tuna, bahkan kawanan yang sedang bermigrasi.

Perahu Khas Mandar Yang TangguhKetenaran si cantik yang cepat ini, juga menjadi incaran pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Tak jarang nelayan yang kehilangan Sandeqnya, dicuri oleh kelompok perompak. Ya, oleh para perompak perahu nan anggun ini dipakai untuk merampas dan menjarah kapal-kapal Eropa pada saat itu. Karena hanya Perahu Sandeq yang mampu mengejar kapal dari jenis apapun.

Perahu Suku Mandar inipun dibuat dengan cermat. Proses pembuatan Perahu Sandeq bisa memakan waktu sekitar 2 bulan. Waktu yang relatif lama untuk membuat sebuah perahu yang berukuran ramping ini. Badan perahu dipilih dari bahan baku yang berkualitas, yaitu jenis kayu dari Pohon Kanduruang mamea yang sudah berumur. Badan perahu ini juga tanpa sambungan, satu pohon untuk satu perahu. Kemudian ditambahkan tiang layar, kemudi, dan cadik di tiap sisi yang terbuat dari bambu.

Kecermatan dalam proses pembuatan Perahu Sandeq ini menghasilkan karya seni yang cukup tangguh. Perahu cantik nan anggun ini mampu mengejar ikan buruannya dalam kondisi alam apapun. Bahkan badai angin dan gelombang sekalipun. Selain itu, ketangguhan perahu cantik ini sudah tak asing pula di kalangan pelaut di seluruh dunia. Tercatat Perahu Khas Mandar ini telah mengarungi samudra-samudra sampai ke beberapa negara. Seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Jepang, Australia, bahkan sampai Madagaskar, dan Amerika. Wow, cukup tangguh, bukan?

Indeks istilah umum: photo perahu.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››