Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian dan Air Terjun Lombongo

Biasanya pemandian yang berada di tengah hutan akan menyuguhkan sensasi kesejukan kepada Anda. Berbeda dengan Pemandian Air Panas Lombongo yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pemandian ini adalah sebuah pemandian air panas yang berada di tengah keasrian hutan hujan tropis di Gorontalo. Pemandian ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih berada di wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN BNW).

Obyek wisata

Taman Wisata Pemandian Air Panas LombongoBerada di tengah-tengah keasrian alam Desa Duwano, Pemandian Air Panas Lombongo sekaligus menghantarkan Anda pada sensasi kehangatan sumber air panas. Di lokasi pemandian ini, Anda akan menemukan dua buah kolam air panas dengan luas 500 M2 dan kedalamannya berkisar 1 hingga 2 meter. Dikolam ini Anda bisa berendam dan me-rileks-kan tubuh, sembari menikmati sejuknya pemandangan hutan hujan tropis.

Kolam Air Panas LombongoPemandian Lombongo merupakan pemandian air panas alami yang bersumber dari mata air panas. Tanah Gorontalo merupakan daratan vulkanik, oleh karena itu di Desa Duwano terdapat banyak mata air panas yang tersebar di sekitar desa. Beberapa diantaranya dialirkan dan menjadi sumber air  dari pemandian ini. Sumber air panasnya kaya akan mineral seperti sulfur (belerang). Sehingga, berendam di Pemandian Air Panas Lombongo juga akan menyehatkan kulit Anda.

Bagi Anda yang ingin menikmati kesejukan air pegunungan, di lokasi ini juga ada satu kolam air dingin yang bersumber dari aliran mata air pegunungan sekitar.

Tak hanya itu saja, pemandangan di sekitar pemandian juga akan menenangkan Anda. Rimbunnya hutan hujan tropis mengelilingi pemandian ini, sehingga pemandangan yang asri dan sejuk dapat Anda nikmati selagi berendam. Di beberapa sudut Anda juga bisa melihat beberapa perbukitan yang diselimuti sabana hijau.

Air Terjun LombongoPemandian Air Panas Lombongo merupakan aset wisata yang dibanggakan Provinsi Gorontalo. Di pemandian ini sering diadakan acara-acara kesenian tradisional. Jika Anda termasuk pecinta kebudayaan, disarankan agar Anda mencari informasi mengenai jadwal acara yang akan diadakan di pemandian ini. Sehingga Anda tidak melewatkan kesempatan bersantai di pemandian ini, sembari menikmati pertunjukan kesenian daerah setempat. Informasi tentang jadwal acara kesenian tradisional tersebut bisa Anda dapatkan di Dinas Pariwisata Kota Gorontalo atau di Kantor Pengelola Wisata Pemandian Air Panas Lombongo.

Setelah puas bersantai dan berendam di pemandian ini, Anda juga bisa melanjutkan wisata Anda sekaligus menikmati kesejukan alam ke Air Terjun Lombongo dan Sungai Boliohuto. Karena kedua tempat wisata ini juga masih berada di area hutan wisata Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, dan letaknya tak jauh dari lokasi Pemandian Air Panas Lombogo.

Lokasi

Pemandian Air Panas Lombongo berada di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Letaknya sekitar 19 Km sebelah timur kota Gorontalo, dan 8 Km sebelah timur Kecamatan Suwawa.

Akses

Pemandian Air Panas Lombongo bisa dicapai dari kota Gorontalo dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Jika dari Kecamatan Suwawa, pemandian ini bisa dicapai dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Harga Tiket

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi dengan biaya masuk ke lokasi sebesar Rp. 2.000,- per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Di pemandian ini juga tersedia beberapa fasilitas seperti kantor informasi, toilet, kamar ganti, dan beberapa kios yang menyediakan berbagai makanan ringan. Untuk penginapan seperti hotel hanya terdapat di kota Gorontalo. Beberapa hotel dekat Pemandian Air Panas Lombongo yang direkomendasikan yaitu Maqna Hotel by Prasanthi dan Hotel New Rachmat.

Indeks istilah umum: bhsa indosia lombongo, sejarah lombongo gorontalo.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...
  1. Ronny Tanggudango mengatakan:

    Obyek Wisata Lombongo adalah merupakan masyarakat Desa Lombongo dan masyarakat bone Bolango Pada umumnya adalah salah sumber pendapatan daerah,untuk itu kami sangat berharap lombongo kedepannya lebih maju terutama terkait dengan penataan dan mamajemen pengelolaannya perlu ditingkatkan untuk setara setara dengan obyek wisata di daerah lain,sedikit koreksinya bahwa obyek wisata lombongo berada di Desa Lombongo,bukan di Desa Duano.Terima Kasih.

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››