Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Keindahan Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai berpasir putih yang sangat terkenal di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai dengan keindahan serta kenyamanannya membuat pantai ini terlihat bersih, rapi dan mempunyai air yang jernih. Karena keindahan dan kenyamanannya tersebut, Tanjung Bira terkenal di mancanegara. Banyak wisatawan asing dari berbagai negara sudah menyambangi objek wisata ini untuk mengisi acara liburan mereka.

Objek Wisata

Tanjung BiraKeindahan Pantai Tanjung Bira tidak diragukan lagi, di dalam kawasan pantai terlihat sangat bersih dan rapi serta tertata cukup baik. Pasir pantainya yang berbeda dari pasir pantai lainnya membuat Tanjung Bira sangat nyaman. Tekstur pasir yang lembut merupakan ciri dari Pantai Tanjung Bira. Pesona pantai dengan panorama alam pesisir pantai tropis yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi. Pantai yang membujur dari sisi utara hingga selatan ini tampak sangat memukau siapa saja yang datang berkunjung. Jajaran pohon kelapa serta bukit karang yang tampak kokoh menjadikan pantai ini terlihat nyaman.

Beningnya Air Tanjung BiraDi kawasan pantai Sulawesi ini, para wisatawan dapat menghabiskan waktu liburnya dengan berenang, menyelam, snorkeling atau hanya sekedar berjemur menikmati segarnya angin yang berhembus. Pada saat pagi atau menjelang malam, wisatawan juga dapat melihat pesona matahari terbit dan terbenam dalam satu lokasi. Sebatas mata memandang ke laut lepas, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Lokasi

Terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi, tepatnya berada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Akses

Pantai Tanjung Bira berjarak kurang lebih 40 Kilometer dari Bulukumba, atau sekitar 200 Kilometer dari Makassar. Perjalanan dari Makassar ke Bulukumba dapat ditempuh dengan transportasi umum seperti mobil pribadi yang digunakan untuk angkutan umum dengan biaya sekitar Rp. 35.000,-/orang. Setelah sampai di Bulukumba, perjalanan dilanjutkan ke Pantai Tanjung Bira dengan menggunakan angkutan umum seperti mikrolet (pete-pete) dengan biaya sekitar Rp. 10.000,-/orang. Waktu yang ditempuh dari Makassar sampai ke Tanjung Bira sekitar 4 jam lamanya.

Jika Wisatawan dari Bandara Hasanuddin, dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi langsung menuju ke Terminal Malengkeri dengan biaya sekitar Rp. 40.000,-. Sesampainya di terminal, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bus tujuan Bulukumba atau langsung Tanjung Bira. Di Tanjung Bira, transportasi umum hanya beroperasi sampai sore hari, jadi persiapkan waktu Anda dengan matang.

Harga Tiket

Biaya tiket masuk di kawasan Pantai Tanjung Bira sekitar Rp. 10.000,-

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas serta akomodasi di Tanjung Bira sangatlah lengkap, seperti tempat persewaan perlengkapan menyelam, kamar mandi yang nyaman, persewaan motor, dan pelabuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para wisatawan yang ingin menyelam di Pulau Selayar. Untuk akomodasi penginapan tersedia villa, bungalow, dan hotel dengan tarif yang relatif murah yang didukung dengan rumah makan ataupun restoran.

Indeks istilah umum: kumpulan penjelasan tanjung di sulbar, pesona pantai tanjung bira, tempat wisata di sekitar tanjung bira, letak pantai bira.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...
  1. asnawin mengatakan:

    senang dan bangga melihat objek wisata Pantai Bira Bulukumba dipromosikan secara gratis, trims….

  2. Monalisa mengatakan:

    Saya dari Surabaya,saya sangat tertarik sekali dengan tanjung bira,kalau dari bandara ke bulukumba brapa jam yaaa dan transportasinya pake apa???? saya suka backpackeran jadi mencari tempat penginapan yg murah didaerah tanjung bira. Buat saya tempat wisatanya nomor satu, soal tidur urusan blakang. Mohon infonya, Makash..

    • Tim Amazindo mengatakan:

      Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi langsung menuju ke Terminal Malengkeri. Sesampainya di terminal, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan sewa mobil dari Terminal Malengkeri ke Bulukumba. Selain itu Anda bisa menggunakan mobil plat kuning (kijang) dan bus jurusan selayar. Setelah sampai Bulukumba, Anda harus oper menggunakan angkutan umum mikrolet (pete-pete). meuju Pantai Bira. Untuk penginapan di Sunshine Guesthouse, memiliki view paling bagus.

  3. Farrah mengatakan:

    Kalo angkutan dari Malengkeri ke Tanjung Bira, paling pagi jam berapa biasanya? karna saya tiba di Makasar jam 1Pagi. mohon infonya. trimakasih

    • Tim Amazindo mengatakan:

      Tersedia pada pagi hari dan siang hari. jika menggunakan kijang Anda harus oper, dari Malengkeri ke Bulukumba. Sampai ke Bulukumba menuju Pantai Bira. Jika Anda tidak ingin oper, Anda bisa menggunakan bus jurusan Selayar, Anda harus turun ke Pelabuhan Tanjung Bira, dari pelabuhan Anda berjalan kaki menuju Pantai Bira yang berjarak sekitar 500 meter.

  4. dhyan mengatakan:

    kira* ksitaran brpa hrga pnginapan.y smllam ???

  5. Anjar mengatakan:

    Itu kampungku dan memang pilihan tepat berlibur. Namun selain tanjung Bira ada Tanjung Apparalang (bagaikan miniatur raja ampat), ada Pantai Samboang, ada danau lurayya di Kahayya (danau di atas gunung). Kemudian kalau ke Bulukumba bisa sekalian berkunjung ke Desa Tanah Toa (wisata budaya),di sini masyarakat menolak modernisasi (masih primitif). Selain itu, juga bisa menyaksikan langsung pembuatan perahu pinisi, perahu tergagah di samudera………………

  6. Nurdin mengatakan:

    Alangkah sempurnanya jika ada versi bahasa inggrisnya. Terima kasih

  7. Mohammad Rafie Bin Sabarshah mengatakan:

    Salam …
    Saya berminat sekali untuk membuat penyelidikkan mengenai pembuatan kapal pinisi darli kampung Bulukumba. Saya bersedia untuk tinggal selama beberapa hari bersama keluarga angkat yang sudi menerima saya supaya saya dapat mempelajari cara dan proses basic pembuatan perahu, sambil berwisata ke beberapa buah tempat menarik di Selawasi Selatan.
    Bagaimanakah caranya? Siapakah teman yang boleh membantu saya.?
    Jutaan terimakasih

    Wassaliam.

  8. Nabila mengatakan:

    mas, waktu terbaik untuk mengunjungi makssar, toraja, bira kapan yaaa? Maret tahun depan bgmna prospeknya?

  9. Dunia Backpacker mengatakan:

    bro, kapal ke tanjung bira ada tiap hari apa waktu2 tertentu aja?
    makasi

  10. Asdir mengatakan:

    bira tempat saya euy

  11. MUHD APYZ mengatakan:

    ingin bertanya. saya dari malaysia ingin kesini. bagaimana caranya? tolong emailkan kepada saya

  12. suci indah s mengatakan:

    Kira kira harga penginapan untuk 1 malam di sana berapa ? Mohon jawabannya

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››