Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

The Coral Triangle, Kepulauan Togean

The Coral Triangle

Tersembunyi di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, Kepulauan Togean tak hanya surga bagi pecinta olahraga bawah air saja. Terbentang sekitar 102 Kilometer dengan luas daratannya sekitar 755 Km2, bagian dari Pulau Sulawesi ini memiliki gugusan pulau sekitar 66 pulau yang tersebar di wilayah tengah Teluk Tomini. Kekayaan alamnya merupakan surga bagi setiap mahkluk. Bila Anda sedang mengunjungi Pulau Sulawesi, sempatkan waktu Anda untuk mampir ke kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini. Serta persiapkan diri Anda untuk takjub di hadapan salah satu masterpiece di alam semesta. Selamat datang di Amazing Togean.

Coral Triangel

Taman Nasional Kepulauan TogeanPulau Sulawesi memang terkenal sebagai pulau dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Salah satunya adalah Kepulauan Togean. Kepulauan ini secara administratif berada di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah. Sering dikenal nengan nama Togian Island atau Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT).

Wilayah Kepulauan Togean yang paling menarik adalah wilayah perairan lautnya. Sekitar 336.773 hektar perairan Kepulauan Togean telah menjadi bagian dari TNKT. Tentu saja karena kekayaan alam bawah lautnya yang menakjubkan, dan akan terus dilindungi demi kelestarian alamnya.

Gugusan Kepulauan TogeanSebagai bagian dari wilayah Pulau Sulawesi, Kepulauan Togean tercatat dalam daftar wilayah Coral Triangle region Indonesia-Filipina (region 1). Sedikit informasi, Coral Triangle adalah wilayah segitiga perairan laut tropis yang memiliki lebih dari 500 spesies gugusan terumbu karang. Wilayah perairan di sekitar Pulau Sulawesi termasuk di dalam segitiga ini. Yang terpenting adalah, kawasan Coral Triangle merupakan pusat kekayaan hayati bawah laut (biodiversitas) dari seluruh biodiversitas dunia. Serta merupakan kawasan konservasi yang utama di dunia, yang berada dibawah naungan WWF (World Wide Fund for Nature).

Biodiversitas Togean

Salah Satu Jenis Karang Tipe Karang TompohSebagai bagian dari The Coral Triangle, Kepulauan Togean menyimpan kekayaan hayati bawah laut yang sangat menakjubkan. Tercatat 4 tipe terumbu karang yang ada di wilayah perairan Kepulauan Togean. Yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef). Berbagai terumbu karang dengan aneka warna dapat Anda temukan di dalam laut. Sekitar 262 spesies terumbu karang dari 19 Famili tersebar di perairan kepulauan ini. 7 spesies diantaranya adalah spesies endemik Kepulauan Togean.

Menjelajah perairan Kepulauan Togean yang menakjubkan ini, Anda bisa menyaksikan Ikan Kupu-kupu (sekitar 35 jenis), Paus Pilot, Ikan Pari Manta, Hiu Karang Abu-abu, Ikan Trevally mata besar (Trochus niloticus), Kima raksasa (Tridagna gigas), Lola (Trachus niloticus), dan Dugong (sejenis Ikan Duyung). Tak hanya itu, jika beruntung Anda juga bisa bertemu dengan spesies penyu yang sudah tergolong langka. Seperti Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Hijau (Chelonia mygas). Penyu-penyu tersebut sering menepi di pantai kepulauan ini untuk bertelur.

Salah satu terumbu di Kepulauan Togean

Berbagai macam ikan dengan berbagai ukuran dan warna-warna juga bisa Anda lihat di dalam perairan Togean. Sekitar 596 spesies ikan (dari 62 Famili) dapat Anda temukan, dimana ikan-ikan tersebut bersarang dalam terumbu karang nan indah. Dua spesies diantaranya merupakan spesies ikan endemik Kepulauan Togean, yaitu Ecsenius sp. dan Paracheilinus togeanensis. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Molusca (555 spesies), Gastropoda (336 spesies), Bivalvia (211 spesies), Cephalopoda (2 spesies), Scaphopoda (2 spesies), dan Chiton (4 spesies).

Sedangkan di wilayah tepi perairan, banyak terdapat hamparan rumput pantai (Seagrass bed) yang menjadi tempat mencari makan ikan-ikan Dugong. Selain itu juga terdapat hutan mangrove dengan 33 jenis mangrove dari 26 Genus dan 21 Famili. Tentu saja Anda akan mendapati beberapa jenis burung yang bersarang di sekitar pantai. Menakjubkan, bukan?

Daratan Kepulauan Togean

Gugusan Kepulauan Togean Sulawesi TengahTak cuma pemandangan pantainya dan kekayaan bawah lautnya yang menakjubkan, keindahan daratan Kepulauan Togean juga akan membuat Anda takjub. Selain berupa jajaran kepulauan, Togean juga memiliki daratan besar yang melindungi kekayaan alam yang masih asri. Terdapat 6 pulau besar yang termasuk ke dalam wilayah Kepulauan Togean. Seperti Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Waleakodi, Pulau Unauna, Pulau Waleabahi dan Pulau Talatakoh. Wilayah daratan Kepulauan Togean seluas 10.659 Hektar menjadi Hutan Lindung bagi flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean, Anda akan melintasi pulau-pulau yang berjejer. Dari berbagai sudut, Anda akan menemui keasrian hutan dengan pepohonan yang rimbun, tentu saja dengan udara yang masih segar dan sejuk. Daratan Kepulauan Togean juga menjadi tempat berlindung dan berkembang biak bermacam-macam satwa. Seperti Rusa, Kuskus, Tarsius, Ketam Kenari (Birgus latro), dan lain sebagainya. Jika beruntuk, Anda bisa menyaksikan kehidupan fauna endemik Pulau Togean. Seperti Biawak Togean (Varanus salvator togeanus), Kera Togean (Macaca togeanus), dan Babi Rusa Togean (Babyrousa babirussa togeanensis). Tak jarang Anda akan mendengar teriakan dan kicauan burung-burung. Karena ada sekitar 90 jenis burung yang dilindungi dan berkembang biak di rimbunan hutan pulau ini.

Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Diantara gunung-gunung yang tinggi daratan Kepulauan Togean, Anda juga bisa mengunjungi Kawah Gunung Colo yang ada di Pulau Unauna. Selain itu Anda juga bisa berpetualang mengunjungi tempat-tempat yang lain, seperti Gua-gua, Sungai yang masih jernih, Air Terjun, Pantai-pantai, dan Sumber Air Panas. Serta berinteraksi dengan masyarakat di pemukiman Suku Muna dan Suku Bajo (di daerah pesisir) yang sangat ahli dalam menyelam.

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››