Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Eksotisme Air Terjun Indo Ranuang dan Sungai Limbong Sitodo Sulawesi Barat

air terjun indo ranuang polewali mandar sulawesi barat

Sulawesi Barat merupakan sebuah propinsi yang mempunyai banyak keindahan alam wisata. Walaupun berada dipinggir Pulau Sulawaesi tidak hanya keindahan pantainya saja yang memukau. Propinsi Sulawesi Barat mempunyai keindahan air terjun yang bernama Air Terjun Indo Ranuang dan keindahan Sungai Limbong Sitodo yang begitu indah memukau sepanjang mata memandang.

Obyek Wisata

sungai limbong sitodo polewali mandar sulawesi baratAntara Air Terjun Indo Ranuang dan Sungai Limbong Sitodo ini jaraknya lumayan jauh. Sungai Limbong Sitodo dengan mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Keindahan sungai ini sangat memukau, memiliki air yang bersumber dari mata air pegunungan membuat air disini sangat jernih dan segar. Disempanjang alirannya, banyak terhampar bebatuan-bebatuan dan dihimpit oleh pepohonan serta hijaunya semak-semak. Perpaduan ini menjadikan sebuah kombinasi alam yang sangat begitu indah.

Apabila masih kurang puas dengan keindahan dan kesegaran Sungai Limbong Sitodo. Bagi pelancong yang masih kuat akan staminanya dan memiliki jiwa petualangan akan sangat senang dengan berjalan menyusuri sungai memuju ke hulu sungai yang berjarak sekitar 4 km serta keadaan jalan yang berbatu dan bersemak tebal . Hulu Sungai Limbong Sitodo berbentuk sebuah air terjun yang disebut dengan Air Terjun Indo Ranuang. Air terjun ini berbentuk berundak dan mudah untuk ditelusuri sampai atas air terjun, tentunya dengan ekstra hati-hati karena bebatuan licin. Air terjun bersusun ini mempunyai ketinggian yang beragam antara 10 sampai dengan 40 meter, kesegaran air yang mengalir sangat menggoda untuk segera terjun dan berbasah-basahan. Serta dari atas ketinggian air terjun, suasana keindahan Kota Poliwali dan Teluk Mandar akan terlihat luas indah dari kejauhan.

Setelah menikmati sensasi berbasah dan berpetualang di Sungai Limbong Sitodong yang segar atau berpetualang menuju hulunya yaitu Air Terjun aliran sungai limbong sitodo polewali mandar sulawesi baratIndo Rannuang, pelancong bisa berkunjung ke Desa Tradisional Mandar di atas bukit sekitar 5 km dari Sungai Limbong Sitodo. Di desa ini, masyarakatnya setia dengan budaya, seni dan tradisi mereka. Jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua namun semakin mendekat ke area desa, jalan semakin menyempit dan cara satu-satunya menuju desa adalah berjalan kaki. Rumah-rumah tradisional penduduk Desa Mandar berbentuk rumah panggung. Kedua sisi jalan menuju perbukitan dihiasi tanaman kakao. Desa ini juga kaya dengan tanaman kakao, buah dan sayuran.

Lokasi

Air Terjun Indo Ranuang dan Sungai Limbong Sitodo berlokasi di Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, Kabupaten Polewali Mandar, Propinsi Sulawesi Barat.

Akses

Air Terjun Indo Rannuang berjarak sekitar 8 kilometer dari Polewali. Tidak ada penunjuk arah yang dapat membantu Anda untuk menuju kedua lokasi wisata ini. Rute terbaiknya adalah dengan jalan menuju Kantor Desa Kunyi yang merupakan jalan utama di Polewali. Dari jalan ini, Anda berbelok ke arah kanan menuju Desa Kunyi. Jarak jalan utama ke Desa Kunyi sekira 4-5 kilometer. Di area sungai terdapat tempat parkir dan warung makanan dan minuman.

Fasilitas dan Akomodasi

Walaupun di tempat wisata alam terbuka, tempat wisata ini sudah cukup ada untuk fasilitasnya. Ada tempat parkir, toilet serta warung-warung penjaja makanan dan minuman, Untuk masalah penginapan bisa didapatkan di Kota Polewali.

Indeks istilah umum: limbong sitodo polewali mandar, limbong sitodo, Permandian indorannuag.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››