Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Rimba Raya Bogani Nani Wartabone

Bogani Nani Wartabone Sulawesi

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) adalah sebuah Hutan Lindung yang dijadikan Taman Nasional. Bogani Nani Wartabone adalah nama seorang pahlawan yang berasal dari Provinsi Gorontalo. Nama tersebut kemudian diabadikan dan dipakai sebagai nama Taman Nasional ini.

Taman Nasional Bogani Nani WartaboneTerletak di Semenanjung Minahassa, TNBNW memiliki luas sekitar 287.115  Hektar. TNBNW merupakan wilayah yang termasuk dalam Zona Wallacea. Zona ini adalah zona biogeografi, dan merupakan pertemuan antara Zona Australia dan Zona Asia. Oleh karena itu, terdapat banyak karakteristik unik dari flora dan fauna beserta ekosistem yang ada di taman ini.

Kekayaan Alam

Sebagai sebuah hutan lindung, TNBNW memiliki keanekaragaman hayati yang cukup kaya. TNBNW juga merupakan habitat dari berbagai jenis Flora dan Fauna. Sebagian besar dari Flora dan Fauna tersebut adalah spesies endemik Pulau Sulawesi.

Burung Maleo Taman Nasional Bogani Nani WartaboneTaman Nasional Bogani Nani Wartabone menjadi habitat beberapa jenis hewan, seperti Mamalia (24 spesies), Unggas ( 125 spesies),  Reptilia (11 spesies), Amfibia (2  spesies), Kupu-kupu (38 spesies), Kumbang (200 spesies), dan  Ikan (19 spesies). Di taman ini, Anda bisa menemui beberapa spesies hewan endemik yang dilindungi karena terancam punah. Seperti Burung Maleo (Macrochepalon Maleo), Monyet Yaki (Macaca Heckl), Kelelewar Bone (Bonea bidens), Kuskus Kerdil (Phalanger Celebensis), dan Kuskus Beruang (Phalanger Urnisus). Burung Maleo dan Kelelawar Bone merupakan hewan yang menjadi maskot Taman Nasional ini.

Tentunya di TN Bogani Nani Wartabone Anda akan menyaksikan lebatnya Hutan Hujan Tropis Sulawesi. Di dalam rerimbunan hutan TNBNW, Anda bisa menemui tumbuhan dari berbagai jenis. Seperti Pepohonan (400 spesies), Tumbuhan Tinggi (241 spesies), Tumbuhan Paku (120 spesies), Tumbuhan Lumut (100 spesies), serta Anggrek (90 spesies). Diantaranya Anda juga bisa menemukan spesies tumbuhan endemik dan tumbuhan langka di taman ini. Misalnya Palem Matayangan (Pholidocarpus ihur), Kayu Besi (Intsia spp.), Kayu Hitam (Diospyros celebica), Kayu Kuning (Arcangelisia flava), dan Bunga Bangkai (Amorphophallus companulatus).

Geografis

Secara umum, kondisi permukaan bumi di wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone tidak berbeda jauh dengan kondisi Pulau Sulawesi. Terbentang memanjang dari Barat ke Timur, wilayah TNBNW berada di dua provinsi, yaitu Provinsi Gorontalo (40% luas keseluruhan) dan Provinsi Sulawesi Utara (40% luas keseluruhan).

Permukaan bumi di wilayah TNBNW cukup bervariasi. Terdiri dari dataran, tanah bergelombang, perbukitan, tebing terjal, serta pegunungan. Ketinggian tanah juga bervariasi antara 50 mdpl sampai 2.00 mdpl. Di area TNBNW juga terdapat beberapa gunung yang cukup tinggi. Seperti Padang (±1.300 mdpl), Gunung Kabila (±1.735 mdpl), Gunung Ali (±1.945  m dpl), Gunung  Gunung Gambuta (±1.954 m dpl), dan Gunung Damar.

Jenis hutan yang ada di wilayah TNBNW pun cukup bervariasi. Seperti Hutan Primer, Hutan Sekunder, Hutan Hujan Pegunungan, Hutan Hujan Dataran Rendah, serta Hutan Lumut.

Sungai Bogani Nani Wartabone SulawesiArea Taman Nasional Bogani Nani Wartabone merupakan Daerah Tangkapan Air serta sumber air yang utama bagi wilayah sekitar Gorontalo dan Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara). Sekitar 20 sungai mengalir dari pegunungan TNBNW, yang mengalir melintasi kedua provinsi tersebut. Aliran sungi-sungai ini sebagian besar menjadi sumber air bagi kehidupan sehari-hari masyarakat disekitarnya.

Objek Wisata Alam

Keasrian Taman Nasional Bogani Nani Wartabone tidak akan membuat Anda menjadi bosan. Karena di kawasan taman ini, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat objek wisata yang mengagumkan. Tentu saja tempat wisata tersebut merupakan tempat atau Objek Wisata Alam.

Tempat-tempat wisata ini dikelilingi rimbunnya hutan TNBNW. Selain pemandangan yang menakjubkan, Anda juga akan menikmati udara yang murni dan sejuk. Berikut beberapa tempat wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone:

 

Selain sebagai tempat wisata, TNBNW juga cocok untuk aktivitas lain seperti camping, hiking, susur sungai, serta hunting foto.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi atau menjelajah area Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, disarankan agar Anda berkunjung pada bulan Mei sampai September. Karena pada bulan-bulan tersebut, wilayah disekitar taman ini menginjak Musim Kemarau.

Indeks istilah umum: taman nasional bogani nani wartabone.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››