Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Batuan Megalithicum Cantik di Lembah Bada Poso Sulawesi Tengah

lembah bada poso sulawesi tengah

Sulawesi Tengah adalah sebuah propinsi yang berada di Pulau Sulawesi. Memiliki berbbagai keindahan alam yang begitu menakjubkan. Dari keindahan laut, pantai, air terjun, danau sampai destinasi wisata kegunungan. Bukan hanya itu. Tepatnya di Kabupaten Poso dan masih berada dalam lingkup Taman Nasional Lore Lindu, terdapat hambaran batu – batu cantik yang menghiasi hamparan luas sawah dan rerumputan hijau.

batuan lembah bada poso sulawesi tengahObyek Wisata

Bertempat di Lembah Bada, Lembah Napu, Lembah Besoa dan Lembah Baso. Batuan-batuan megalithic dengan bentuk cantik ini terhampar diseluruh daerah lembah. Dari yang berbentuk ukiran manusia, hewan , Kalamba dan masih banyak lagi. Menurut sumber yang ada, jumlah bebatuan megalithic ini ada 1.451 buah. Batuan ini merupakan peninggalan pra sejarah yang disinyalir lebih tua dari Candi Borobudur, tetapi belum ada yang mengetahui tujuan dan kegunaan batuan – batuan tersebut pada jaman dahulu.

Kawasan Taman Naional Lore Lindu merupakan pegunungan yang didominasi oleh batuan granit. Apabila dilihat dari atas akan nampak bentuk-bentuk cantik batuan ukiran yang besar. Batuan megaliyhic ini mempunyai ukuran yang besar, bahkan yang paling besar mencapai ukuran berdiameter 4 meter.

Batuan megalitihc yang paling terkenal adalah Watu Palindo dengan posisi miring, batuan berada di Lembah Bada. Dinamakan Palindoarca lembah bada poso sulawesi tengah yang berarti sang penghibur ini betul adanya, Watu Palindo ini nampak berwajah ceria dan ramah. Palindo ini seakan menyirakatkan kesan keramahan khas anak-anak. Tinggi batu ini mencapai sekitar 4 meter dengan ukiran berbentuk tubuh oval memiliki mata yang bulat dan hidung besar yang memanjang kebawah. Pahatan mulut yang dalam berbentuk sebuah senyuman melengkapi indahnya batuan megalithic ini. Selain Watu Palindo, Batu yang terkenal lainnya adalah Langka Bulawa. Ukiran batu ini berukiran sosok wanita dan mempunyai arti nama Ratu bergelang kaki emas. Mempunyai ukiran yang hampir sama dengan Watu Palindo tetapi mempunyai kesan raut muka sebagai sosok rumah suku lore lembah bada poso sulawesi tengahwanita. Kedua patung ini berjarak sekitar 5 kilometer jauhnya. Namun diantara kedua bebatuan ini juga terdapat bebatuan lain. Decak kagum kepada pemahat batuan ini, karena batuan granit ini terkenal dengan batuan yang sangat keras. Belum diketahui bagaimana mereka memahat dan menghasilkan karya yang begitu cantiknya.

Selain hamparan bebatuan megalithic, di Taman Nasional Lore Lindu ini juga masih kental dengan adat istiadat suku Lore. Selain pemandangan bebatuan dan sawah hijau terbentang, disana juga akan ditemui rumah adat suku lore yang berjajajar. Rumah kayu yang beratap ijuk dan berdinding bambu ini bisa mnejadi pilihan menginap apabila baru berada disana. Warga suku Lore ini sangat ramah apabila ada tamu yang datang ke rumah mereka.

Lokasi

Tempat ini berlokasi di Area Taman Nasional Lore Lindu yang secara adiministratif terletak di Kabupaten Poso, Propinsi Sulawesi Tengah.

Akses

Untuk mencapai ke Taman Nasional Lore Lindu bisa menggunakan mobil pribadi. Apabila dari Kota Palu mencari arah tujuan Kota Tantena yang bisa ditempuh selama 7 – 9 jam perjalanan. Dari Kota Tantena menuju ke Lembah Bada bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan. Disarankan kendaraan pribadi harus benar-benar fit karena akses jalan apabila hujan akan berlumpur tebal.

Akomodasi dan Fasilitas

Ada beberapa shelter dan penginapan di Area Taman Nasional Lore Lindu dengan harga yang bervariasi.

Indeks istilah umum: hotel di pulau tidung, peninggalan sejarah provinsi sulawesi tengah, cottage pulau tidung.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...
  1. […] banyak destinasi wisata yang unik. Selain bebatuan megalitichum berbentuk unik yang berada di Lembah Bada, Propinsi Sulawesi Tengah juga mempunyai keunikan destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik […]

  2. […] banyak destinasi wisata yang unik. Selain bebatuan megalitichum berbentuk unik yang berada di Lembah Bada, Propinsi Sulawesi Tengah juga mempunyai keunikan destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik […]

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››