Go Celebes

Info Lengkap Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Indonesia

Kawasan Malino dan Air Terjun Takapala

Keindahan Air Terjun Takapala Malino

Siapa bilang berkunjung ke Pulau Sulawesi tidak bisa merasakan hawa yang dingin nan segar? Jika sedang berada di wilayah Sulawesi Selatan, sempatkanlah waktu Anda untuk mengunjungi kawasan Malino. Kawasan Malino ini merupakan “Puncak”-nya Sulawesi Selatan. Seperti Puncak Bogor, Puncak Malino adalah kawasan yang memiliki suasana yang dingin nan sejuk. Kawasan ini juga ramai dikunjungi saat akhir pekan, ketika ingin melepaskan kepenatan dan menghirup udara segar.

Kawasan Malino yang segar dan asriTak hanya itu, di kawasan Malino ini Anda juga bisa mengunjungi obyek wisata alam Air Terjun Takapala. Sehingga Anda bisa menikmati kesegaran suasana Malino sekaligus menikmati keindahan air terjun di ketinggian ini. Setelah puas bermain dengan dinginnya air terjun, Anda bisa menyisir wisata lain yang ada di kawasan Malino.

Objek Wisata

Wisata Hutan Di Kawasan MalinoBerada di ketinggian sekitar 900-1.500 Mdpl, kawasan Malino merupakan tempat favorit untuk melewati akhir pekan. Di ketinggian ini, kawasan Malino memiliki suasana yang sejuk nan segar. Berada di kaki Gunung Bawakaraeng, selain udaranya yang sejuk kawasan Malino juga memiliki banyak tempat wisata. Oleh karena itu Malino sangat tepat untuk mengabiskan waktu di akhir pekan. Pemandangan di kawasan puncak Sulawesi Selatan ini juga berbeda dengan pemandangan Pulau Sulawesi pada umumnya. Selain rerimbunan pepohonan dan hutan yang menyelimuti perbukitan, Anda juga akan menemui pemandangan pedesaan yang masih asri. Di kawasan ini Anda bisa mengunjungi Perkebunan Teh Nittoh, Hutan Wisata, Bunker Peninggalan Jepang, serta tempat pemandian Lembah Biru.

Keindahan Air Terjun Takapala Dari AtasMenuju ke arah Gunung Bawakaraeng, Anda juga bisa mengunjungi wisata alam Air Terjun Takapala. Di sela-sela perbukitan daratan tinggi dan rerimbunan hutan, Air Terjun Takapala terbilang indah dan cukup megah. Karena selain pemandangan disekitarnya yang segar alami, Air Terjun Takapala memiliki tinggi sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Dengan ketinggian tersebut, di bagian dasar air terjun terbentuk kabut sejauh 20 Meter. Tak jarang Anda bisa melihat pelangi di bagian dasar air terjun.

Di bagian dasar air terjun Anda bisa bermain air, namun disarankan agar Anda berhati-hati. Karena tekanan air yang cukup kuat, terutama di Musim Penghujan. Di area ini, air terjun ditampung oleh kolam kecil. Disitu juga terdapat bebatuan vulkanik dengan ukuran yang cukup besar. Melihat ke atas ke arah tebing sebelah kiri, Anda akan menemui tebing dengan corak yang unik. Corak yang mirip dengan tebing Batu Dinding kilo Tiga.

Goa kecil di dasar Air Terjun TakapalaAcara berbasah-basah ria Anda akan lebih seru dengan mengunjungi gua yang ada di dasar air tejun. Gua ini sangat pendek, namun berada di balik tirai air terjun. Memberikan sensasi tersendiri untuk Anda yang gemar bermain air. Tentu saja untuk sampai ke gua ini, Anda harus basah dan menyeberangi kolam kecil tersebut. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto.

Selepas berbasah-basah ria dan menikmati kesegaran Air Terjun Takapala, Anda bisa mencicipi segelas teh hangat atau kopi di warung pinggir sungai. Sembari menikmati pemandangan yang indah nan sejuk, serta kemegahan Air Terjun Takapala dengan ditemani sepiring pisang goreng yang masih hangat.

Lokasi

Air Terjun Takapala dan Kawasan Malino terletak di Kecamatan Tinggi-moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

salah satu tempat wisata di kawasan MalinoAkses

Kawasan Malino berada sekitar 90 Km sebelah Tenggara Kota Makassar. Dari Kota Makassar, akses untuk menuju ke Kawasan Malino relatif cukup mudah. Dengan lama perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan Air Terjun Takapala masih berada dalam Kawasan Malino.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke Wisata Alam Air Terjun Takapala relatif cukup murah, yaitu sekitar Rp. 2.000 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di Kawasan Malino, sudah banyak tersedia penginapan dan homestay dengan harga yang bervariatif. Warung-warung makan juga sudah banyak tersedia. Jangan khawatir pulang dengan tangan kosong, karena di kawasan ini juga mudah ditemui pedagang-pedagang yang menjual makanan untuk oleh-oleh seperti Buah Markisa, Apel, dodol Ketan, Tenteng Malino, Wajik, dan lain sebagainya.

Indeks istilah umum: dekstripai tentang air terjun takapala dalam bahasa inggris.

 

Anda memiliki pertanyaan atau info tambahan mengenai topik di atas? Bagikan di sini...
  1. nur ikra amalia suwadi ternate mengatakan:

    we asik pa malino memang is the best l love you malino ,kalau kalian mau tau itu kampung halaman ku bagus to,cantik,apa lagi cewek cewek yg ada di malino semua cantik secantik malino tempat tinggal kami

Beri Tanggapan

Gabung bersama kami!

Wisata Pulau Sulawesi

Belum pernah ke pulau Sulawesi? Beberapa artikel di bawah mungkin bisa membantu Anda.

Seputar Sulawesi Indonesia

sulawesi indonesia Selamat datang di GoCelebes.com! Sebuah website yang menyajikan petunjuk lengkap mengenai pariwisata di pulau Sulawesi Indonesia, dari info tempat wisata seperti di Bunaken, Makassar, dan Manado, hingga budaya Bugis dan Toraja. Sulawesi adalah pulau terbesar ke-11 di dunia yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan.

Baca Selengkapnya ››